Masak Asik Bareng Panasonic

Sesungguhnya gathering yang disertai cooking class itu selalu menyenangkan!

Kalau sebelumnya saya udah belajar membuat pitsa di L'Osteria sambil menikmati sajian Italia yang delicioso nan extravaganza itu, maka sehari selepas hari Kartini saya bareng temen-temen blogger diundang Panasonic Indonesia untuk pengenalan produk-produk barunya sekaligus ... cooking class! Yeay! \o/ 

Bersama saya, hadir blogger-spesialis-hore-hore: Swastika @SabaiX, Nyonya Saiful Muhajir alias @icit_ , @Adiitoo, mak @Chicme, Bumil cantik @_dita, @aralle,  serta tentu aja emak blogger nan femeus @indahjuli ituh serta duo alumni ACI @ipimaripi dan @umenumen yang juga pehobi masak. Tadinya saya sempet bingung, mau masak apa di event yang lebih mirip galeri masa depan produk Panasonic itu *menebar pandangan ke seluruh penjuru aula hotel Shangrila*.  Ternyata eh ternyata, di gathering yang juga jadi ajang kopdar para dealer itu kami digiring menuju "dapur" mungil nan cantik (dan pastinya penuh piranti elektrik canggih dari Panasonic). 

Di dapur yang tertata manis, kami disambut dua chef seksi lengkap dengan peralatan "perang"-nya mendemokan cara membuat cupcake kukus.

 






Ternyata, bikin cupcake gampang sekali sodara-sodara! Kita hanya membutuhkan telur ayam, gula pasir (silakan pilih lokal atau impor, tapi jangan pasir pantai ya!), terigu serbaguna + baking soda, mentega (boleh diganti margarin) cair, serta keju cheddar. Semua bahan-bahan ini gampang diperoleh di warung kan? 

Tahap pertama adalah memisahkan putih telur dari kuningnya, nggak tau kenapa harus dipisah. Mungkin karena bukan muhrim *benerin kerudung*. Telur-telur ini kemudian dikocok menggunakan mixer bersama gula hingga mengembang sebelum dicampur lagi bersama terigu + baking soda. Setelah tercampur rata, matikan mixer dan masukkan keju cheddar yang sudah diparut lalu biarkan komponen cupcake ini menyatu dengan bantuan spatula kayu. Setelah itu baru deh kita tuang adonan setengah kental ini ke dalam paper cup menggunakan sendok makan dengan ketinggian hanya separuh paper cup untuk kemudian dikukus menggunakan rice cooker selama 15 menit saja.  

Ini penampakan rice cooker yang digunakan untuk mengukus cupcakes:

Gambar diambil dari website Panasonic
Rice cooker ini selain memiliki desain yang futuristik, juga dilengkapi dengan tombol pengaturan untuk jenis masakan berbeda: bubur, nasi putih, nasi merah.  Pas lah buat penyuka nasi merah yang kadang sering nggak pas kematangannya kalau menggunakan rice cooker biasa *masukin wishlist belanja isi rumah*. 

Setelah menonton mbak chef cantik mendemokan, giliran kami para blogger yang ditantang untuk membuat cupcakes berdasarkan pengamatan yang hanya beberapa menit saja. Mengandalkan ingatan fotografis *tsaaah* kami mengulangi langkah-langkah membuat cupcakes untuk dilombakan. Dan.... hasilnya ternyata cukup membanggakan karena cupcakes yang dihasilkan matang sempurna selayaknya pria dewasa yang siap menikah bikinan toko kue.  Pekerjaan selanjutnya tinggal mempercantik cupcakes dengan icing sugar warna-warni menggunakan spuit, inilah hasil karya grup kami:


Sambil menunggu hasil penjurian (dan grup dua yang juga ditantang bikin cupcakes), rugi banget rasanya kalo nggak keliling area yang malam itu disulap menjadi galeri produk Panasonic. Lengkap banget memanjakan mata (dan bikin ngiler karena bagus-bagus huhuhu...): dari home appliance, entertainment sampai ke beauty products. Yang pertama memikat mata saya tentu saja deretan lemari es Neo Glam. Sesuai dengan namanya, lemari es ini tentu saja berpenampilan glamor macam diva. Warna-warni cantiknya pas banget buat keluarga urban yang ogah terikat dengan desain interior penuh kekakuan. 

Sementara dari keluarga home entertainment ada saja Viera Smart TV yang beneran smart, selangsing saya *kabur sebelum ditimpuk* dan tentu saja memanjakan audiovisual dengan gambar jernih pleus kualitas suara menggelegar. Ngebayangin leyeh-leyeh di rumah sambil nonton marathon pake Viera ini pasti bikin lupa beratnya beban hidup 8').  

Gambar diambil dari website IDPanasonic
Masih dari keluarga penghibur, seperangkat headphone XH333 buat penikmat musik. Bersanding dengan pemutar musik digital favorit, rasanya XH333 ini layak jadi koleksi untuk membuat saraf sedikit lebih rileks pasca disemprot bos *curcol detected*. Tidak disarankan menggunakan XH 333 ini ketika menyetir ya, karena bisa bikin TMCPoldametro murka... 

Gambar minjem punya SabaiX
Rasanya mau borong semuanya ya? *menatap nanar saldo rekening*

Di akhir gathering, akhirnya keluar juga putusan juri siapa pemenang lomba bikin cupcakes malam itu. Meski gagal menjadi juara pertama, semua peserta gathering adalah pemenang karena semuanya mendapatkan hadiah berupa voucher belanja (yang cukup buat nambahin beli sepatu favorit!) dan LED torchlight manis pelengkap night run ini:

Gambar dari situs IDPanasonic

Sayang sekali, gelar livetweet expert yang biasa saya sandang malam itu dengan senang hati saya serahkan pada Icit, karena ponsel saya sedang bermasalah. Makanya di postingan ini banyak foto yang nyomot dari situs lain kan? Seandainya yaaaa.... malam itu saya membawa kamera saku dari rangkaian compact & stylish ini mungkin kualitas gambar yang terpampang di sini lebih cantik lagi ya...
 
Share on Google Plus

About e-no si nagacentil

Cerdas, ceriaa, centil
    Blogger Comment

0 comments: