Working Mom

Ketika satu-demi-satu kakak perempuan saya (yang jumlahnya ada empat, kayak balonku pasca balon hijau pecah) memutuskan untuk melepas status orang kantoran setelah sukses memiliki junior anak, saya sempet lho bertanya-tanya: emang gak bisa ya jadi working mom? Emak-emak tapi ngantor juga gitu. Kan keren.... 


Tapi ya, semakin ke sini semakin memahami *rhyming* bahwa meski dianugerahi kemampuan multi-tasking, jadi working mom bukan sekedar berbagi otak-waktu-tenaga antara rumah (lengkap dengan isinya: suwamik pleus anak) dan kerjaan. Kalau cuma sekedar jam 8-5 di kantor dan sisanya di rumah, tanpa ada kewajiban membesarkan anak yang ternyata butuh pendampingan super ekstra demi masa depan bangsa. Beraaaaat... Emang sik, gelar ibu belum lagi saya raih. Tapi, perbincangan dengan beberapa working moms ditambah pengalaman empat kakak perempuan, rasanya cukup memberi gambaran: working mom is not about multitasking


1st working mom said to me: sedih deh, si Bayi (bukan nama sebenarnya) semalem nangis-nangis minta gw temenin sampe jam 2 pagi. 
2nd working mom told me: gue masak buat anak gue, eh tau gak dia bilang apa? "emang masakan mama enak? (it's so jleb to me!).
3rd working mom looks so sad when she knew that first word said by her baby is: mbah (alias eyang atow kakek) dan bukan mama (T____T).
4th working mom bilang: si kecil sampe ngumpetin jilbab saya supaya saya gak ngantor.
5th working mom mengaku si upik pernah pengen ibunya sakit aja, supaya gak perlu pergi meninggalkan rumah buat kerja.


Itu baru sedikit cerita saja yang saya coba sarikan buat sample.


Apa sik alasan working moms memilih tetep ngantor eight-to-five (sebagian nine-to-six)? Materi, dengan pertimbangan: biaya sekolah anak sekarang mahal cyiiint! Adalah alasan yang banyak disodorkan. Selebihnya berkilah: sayang dong ijazah gue, atau sekedar aktualisasi diri. Sah-sah aja sih...


Cuma, ini cuma pikiran saya lho ya, rasanya sayang banget meninggalkan waktu-waktu berharga bareng si kecil cuma untuk ditukar rupiah yang gak seberapa itu. Mau berapa puluh juta gaji bulanan, rasanya gak akan bisa membayar perasaan bersalah ketika si kecil lalu jauh dari  kita sebagai ibunya atau melakukan hal-hal yang di luar kendali akibat kebanyakan bergaul sama anak tetangga, atau si mbak. Bukan mendiskreditkan si mbak yang udah rela menemani si kecil, hanya pasti kita punya keinginan anak ini nantinya jadi begini dan begitu. Lantas, karena si mbak atau eyang yang dititipi beda pemikiran, mo gimana coba?


Idealnya, pencari nafkah memang dibebankan pada pundak suwamik. Meski, saya juga gak anti kok sama  kalau peran suwamik dan istrik dalam mencetak uang ditukar (emang cuma putri aja yang bisa dituker week XP): istrik yang ngantor sementara suwamik kerja dari rumah. Untuk keseimbangan kualitas kebersamaan si anak gitu lhooo... Tapi, kalau ternyata keringat suwamik ngantor 40 jam seminggu masih dirasa kurang dan si mom musti cari uang juga, masih banyak lho alternatif mesin uang yang gak menelantarkan waktu bareng si kecil.


Beberapa kantor sekarang udah ramah pada kaum ibu kok, mereka membolehkan pegawai yang juga para emak bawa anak ke kantor dengan menyediakan nursery room bahkan semacam Day Care. Pemandangan menarik di sebuah agency, si ibu bekerja dengan santai di samping komputer sementara bayi mungilnya tertidur lelap di kubikel. Ada juga kantor gede di Jakarta yang sebelum jam lima teng tiba-tiba jadi kayak taman bermain: para emak keluar menenteng tas kerja plus menggandeng mesra tangan anak-anaknya. Pulang bareng mama! Bersyukur lah yang berkantor di sini ....


Mau yang lebih ideal? Ya si mami kerja dari rumah. Ini yang dilakukan teman saya, single mom nan cantik jelita. Alih-alih ngantor buat menghidupi diri dan anaknya, dia memilih bikin online shop dengan aneka items supaya bisa menikmati kebersamaan bareng anak lanang semata wayangnya. Padahal, dengan skill dan penampilannya yang asli menarik itu gak susah deh buat dia nyari gawean!!!


It's all up to you moms. Yang pasti, precious moments bukan hal yang bisa berulang. Hope that I cud decide the best for my sweetie baby, someday.

Share on Google Plus

About e-no si nagacentil

Cerdas, ceriaa, centil
    Blogger Comment

11 comments:

Ceritaeka said...

eeeeeeeeeeerrrrrrrrrrrrrrrrrr
postingan lo bikin mikir.
Sambit pake high heels :P

NitaHair said...

iya jugak yah.. kasian mommy yang kerja seharian dan sedikit waktu buat anak. Seneng banget sih kerja.. lebih seneng malah kalo liat suami di rumah aja trus masak :D
tapi aku rasa pembagian kasih sayang dan tugas orang tua bisa dibagi antara ibu dan ayah selama keduanya juga sudah mempertimbangkan dari awal tentang bekerja dan memiliki anak ini. 50-50 lah pembagian sapih-menyapih anak antara suami-istri. Itu paling baik.

Chic said...

kalo saya sih kebersamaan dengan anak bukan cuma dari berapa lama waktu yang dihabiskan si Ibu dengan si anak, tapi kualitasnya No..

Let's say si Ibu bekerja di rumah. Tapi selama di rumah si Ibu juga tidak melakukan pendampingan. Ga nemenin belajar, ga nemenin nonton tipi, atau sekedar ngebacain buku, malah asik fesbukan atau twitter di BB, sementara anak nonton, makan, belajar tetep sama ART.

Lebih mending mana dengan Ibu bekerja di kantor, tapi begitu pulang masih punya waktu nemenin si anak belajar, ngerjain pe-er, dan nonton tipi atau bahkan nemenin tidur sambil baca dongeng?

Well, pilihan. Tapi buat saya tetep lebih ke kualitas kebersamaan si Ibu dan anak. Bukan kuantitas..

itu saya lhooooooo... :D

@billykei said...

kalo si ibu yang maksa buat tetep kerja, sepertinya suami yang musti "ngalah" buat jadi full time father..

e-no si nagacentil said...

@ceritaeka *menerima sambitan high heels bermerk Loubotin atau Jimmy Choo saja*

e-no si nagacentil said...

@Nitahair tergantung deal sama suwamik juga sik, mo yang gimana. Koreksi, mungkin bukan pembagian kasih sayang tapi pembagian waktu bareng si kecil yak

e-no si nagacentil said...

@Chic percaya kok Vio walopun mommy-nya ngantor tapi masih dapet pengasuhan yang baik. Temenku juga ada kok, suwamik-istrik kerja di Thamrin pulak tapi karena quality time bareng anak dijaga banget (pas pulang kantor musti maen sama si mama+papa), gak ada masalah dan si anak juga tumbuh kembangnya bagus. Yang sedih itu, kalo weekdays ditinggal kerja, eh pas weekend diajak ke emol tapi tetep digendong si embak dan emaknya keluyuran sendiri hiks T___T

e-no si nagacentil said...

@billykei konsekuensinya musti siap sama bisik-bisik tetangga kalo jadi full time father :-)

Ade Sri said...

*Banting laptop*

Iman said...

Wah tulisanmu sungguh touching-touching my heart deh #tumben

*pake helm sebelum disambit high heels*

Habis makan apa sih No?

#kabuuuurrrr

ii2020 said...

memang keluarga lebih bernilai dari segalanya...