Make Over


Salah satu pantun gaul yang akrab dalam kosa kata saya berbunyi: "7 x 7 = 49, setuju gak setuju yang penting penampilan" :-)


Dengan pertimbangan penampilan memberi kesan pertama yang  begitu menggoda, lahirlah ide make over yang bukan cuma pantas diterapkan pada wajah atau pun jasad manusia. Blog pun perlu di-make over. Apalagi, belakangan saya merasakan adanya inkonsistensi template dengan aneka plug-in yang saya sisipkan ke dalamnya.  Desain klasik buku tua dengan nuansa kecoklatan mendadak rusak ketika saya dengan isengnya menempelkan berbagai widget: FB, plurk connected, banner... Karena itu, malam ini saya bertekad sebulat mungkin untuk mengubah tampilan blog menjadi lebih pantas dan konsisten dengan gaya kosmo-dernisme.



Ini ketiga kalinya blog saya berganti pakaian. Edisi perdana, ketika blog belum lagi menjadi sebuah euforia, saya cukup puas memanfaatkan template standar pada blogspot. Bertahan beberapa tahun, atas saran seorang teman di deBlogger--ditambah dorongan gak mau kalah melihat blogger lain yang blog-nya bergaya genit-- saya pun meminta bantuan Ustadz Google untuk mencarikan cetakan bebas pakai yang berkesesuaian dengan blog saya. Terciptalah ramuan blog bergaya klasik, untuk sementara saya puas dengan penampakannya yang elegan.


Namun, sejalan dengan keisengan saya mengutak-atik lay out dan keikutsertaan pada beberapa event yang mengharuskan pemasangan banner membuat blog bergaya anggun milik saya menjadi janggal di rupa. Laiknya berkebaya lace dan kain sido mukti berpadankan gladiator heels plus backpack a la traveller, rasanya ada yang gak matching dengan buku harian dunia maya saya. Duh...


Karenanya, malam ini kembali saya mengembara dipandu mesin pencari nomor wahid menemukan pasangan yang tepat untuk me-make over blog ini. Sudah tertancap di benak saya sebuah clue mengenai style baru yang akan diadopsi: clean, metro, modern, kosmo, ibarat rumah desain modern minimalis. Sementara desain girlie bernuansa pink jelas akan masuk kotak sampah.


Ini adalah salah satu tampilan yang memenuhi kriteria saya:







Sayangnya, perjodohan tak semudah yang saya perkirakan. Dengan bekal ilmu pemrograman dan desain yang sangat minim, cetakan bertajuk "iWork" ini gagal diimplementasikan. Entah kenapa...


Beberapa kandidat incaran yang sempat saya lirik:




the notebook 



the city

 Dan akhirnya, pilihan pun jatuh pada desain a la majalah dengan tajuk "Bemagazine" seperti yang terlihat saat ini. Tentunya dengan modifikasi di sana-sini.



Perjuangan belum selesai. Seperti yang terjadi ketika migrasi desain kedua, saya musti melakukan back up pada add-ons dan kehilangan beberapa link blogs pada kategori blogroll (diubah menjadi The Networks). Ini bukan hal yang mudah bagi end-user seperti saya. Koleksi foto yang terbatas dan kemampuan picture editing yang sangat minim adalah dua dari sekian kendala yang tercecer dalam proses make over ini.



Meskipun belum sempurna benar, tapi saya bisa tersenyum lebar memperkenalkan kembali jurnal harian daring ini untuk dinikmati .....
 
Share on Google Plus

About e-no si nagacentil

Cerdas, ceriaa, centil
    Blogger Comment

6 comments:

yati said...

bener, ini emang lebih seger dibanding yang kemaren. yang kemaren itu bikin ga nafsu buat comment :)) maap yeeee... terpaksa ngomong gini :))
sama kayak yang di blogspot gw....males liatnya. tapi gw juga males ngapa2in lagi itu blog. bener2 seadanya

e-no si nagacentil said...

@yati makasi bu udah mampirmampir ke sini hehehe...

katakataku said...

wah mantebs, lebih enak diliat, dirasa, dan diraba dari yang sebelumnya (lol) *lha kok saya ga masuk di networks sini yah* (doh)

e-no si nagacentil said...

@katakataku makasiiiih om. Penyakitnya blogspot itu kalo abis ganti tampilan langsung deh ilang semua script tambahan, jadi aku musti tambahin lagi link ke blog-nya. Sabar ya mas, lagi input ulang nih hehehe ;-D

Fany said...

wah baru ganti 'baju' ya blognya?
tampilannya keren..tulisan2nya juga :D

salam kenal ya ^^

e-no si nagacentil said...

@Fany thanks ya untuk kunjungan dan pujiannya :-) bisa jadi pemicu untuk lebih baik lagi